BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

4.1.10

KHASIAT BUNGA MELATI


Aroma bunga melati banyak disukai orang. Tak hanya di negara kita, tapi juga di seluruh dunia. Bunga melati berasal dari Asia dan dengan cepat menyebar ke negara-negara lain, seperti Eropah, Australia, hingga ke Afrika.  

Walaupun tergolong sebagai tanaman untuk hiasan, bunga melati cerewet cara menanam dan perawatannya. Cukup hanya terkena sinar matahari dengan baik, melati akan berbunga sepanjang tahun.  

Umumnya melati ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman bunga hiasan. Selain nikmat dipandang, wanginya pun menenangkan. Di balik kecantikannya, ternyata bunga melati juga memiliki khasiat tersembunyi untuk kesihatan, berikut diantaranya;

Radang Usus.
Cara: Ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, tapis, minum 2 kali sehari.

Radang Ginjal.
Cara: Ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal segelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

Menghentikan Air Susu Ibu yang Berlebihan.
Cara: Ambil satu genggam bunga melati, cuci bersih, tumbuk halus, letak sedikit air, oleskan pada kedua payudara, kecuali puting (lakukan dengan hati-hati). Diamkan sampai kering, lalu lap dengan tuala yang sudah direndam air suam. Terakhir, bersihkan dengan tuala yang telah disiram air sejuk pula.

Demam, Selesema, dan Cirit Birit
Ambil bunga melati 4 gram, teh hijau 4 gram, kapulaga 3 gram, cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 1,5 gelas, hingga tinggal 1 gelas. Minum sehari sekali selama 3-7 hari.

Sakit Mata (Mata Merah dan Ketumbit).
Ambil satu genggam daun melati, cuci bersih, tumbuk halus, beri sedikit air, tempelkan pada kening dekat mata. Lakukan sehari 2 kali selama 3 hari.




Sesak NaFas.
Ambil 3 gram bunga melati kering, 3 kuntum bunga kenanga, 2 sendok gula pasir, cuci bersih, rebus dengan 400 cc air hingga tinggal separuhnya, tapis, minum 2 kali sehari.

0 ulasan: