BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

20.1.10

UCAPKAN GOODBYE KEPADA INSOMNIA



Sukar tidur memang sangat mengganggu jika hal ini terjadi berterusan, atau yang biasa kita sebut insomnia. Padahal, ada seratus cara untuk mendapatkan tidur yang berkualiti Mulailah dengan mengubah pola makan sebelum tidur. Ingin tahu cara berikutnya?

* Pilah-pilih jajan sebelum waktu tidur.
Kombinasi karbohidrat yang mengandung tryptophan, misalnya semangkuk sereal dengan susu non lemak, akan membuat kita tidur lebih nyenyak, berbanding hanya menjamah satu jenis makanan sahaja. Karbohidrat akan membantu melepaskan zat-zat kimia dalam darah yang menyebabkan gangguan tidur, dan akan menyampaikan pesanan ke otak bahwa tubuh Anda sudah siap istirahat.

* Makan buah cherry.
Di malam hari, cubalah makan beberapa buah cherry. Para pakar menemukan bahwa sekeping buah cherry memiliki fungsi yang sama dengan melatonin, hormon yang dilepaskan oleh tubuh kita yang akan menjaga pola tidur.

* Makam malam seafood.
Makan malam dengan hidangan laut, seperti ikan, mampu membuat tidur tambah nyenyak. Ikan cod, tuna, kakap, halibut, dan udang, mengandung tryptophan yang sangat baik untuk membantu Anda tidur pulas. Jumlahnya sebanding dengan kalkun.

* Hindari makanan bercili.
Jauh-jauhlah dari cili kalau ingin cepat tidur. Sebab makan makanan pedas sebelum tidur boleh menaikkan suhu tubuh dan mencegah Anda tertidur, dan juga meningkatkan detak jantung.

* Jangan makan makanan China.
Makanan China, sayur rebus, sup, dan makanan segera lainnya, terkenal menggunakan banyak penyedap (MSG). MSG boleh menyebabkan sakit kepala dan insomnia untuk sebahagian besar orang. Periksa dulu label kemasan pada makanan dalam tin jika Anda hendak menjamahnya pada malam hari.

* Pilih teh, daripada kopi.
Kafein terkenal sebagai zat yang membantu kita untuk tetap terjaga. Contohnya kopi. Gantikan minuman ini dengan secawan teh. Teh hanya mengandung separuh kafein dari kopi. Teh juga membantu kita untuk melepaskan rasa stres. Kalau tidak tahan teh hitam, coba gantikan dengan teh hijau.

* Aroma lemon mint.
Tambahkan aroma mint dan lemon dalam minuman atau makanan Anda. Mint dan lemon punya zat yang mampu melegakan pernafasan.

0 ulasan: