BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

26.12.09

MENGHINDAR SEPI & SUNYI??




Bila Anda ingin mengunjungi nenek atau orangtua yang sudah lanjut usia, jangan lupa berikan teh hijau sebagai buah tangan. Penelitian menunjukkan, orang lanjut usia yang sering mencicip minuman teh hijau lebih jarang mengalami perasaan sedih dan kesepian.  

Dr.Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering, Jepun dan kumpulan penyelidikannya menemukan bahawa datuk atau nenek berusia 70 tahun atau lebih yang rutin mengamal kaedah meminum empat cawan lebih ternyata jarang mengalami gejala kemurungan yang kerap dirasakan oleh orang-orang tua akibat kesepian.  

Manfaat teh hijau dalam menurunkan kadar masalah-masalah psikologis telah dinyatakan oleh banyak data dan penyelidikan. Namun dalam kajian yang dilakukan Kaijun Niu ini, ia hanya memfokuskan kaitan antara minum teh hijau dan gejala kemurungan pada 1.058 orang tua lanjut usia. 

Kandungan teh hijau, yakni asam amino thenine, dipercaya memiliki kesan menenangkan di otak. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa para orang tua lanjut usia yang rutin minum teh hijau empat cangkir atau lebih setiap harinya lebih jarang mengalami kemurungan dan stress. Sebagai perbandingan, minuman yang popular lain, seperti teh hitam atau teh oolong, atau kopi tidak memiliki manfaat serupa.

0 ulasan: